Candi Borobudur Yang Mempesona

Agustus 18, 2017

Sebelum berangkat ke Jogja, kami berrencana untuk berburu sunrise di Candi Borobudur namun hal itu ternyata hanya jadi wacana. Apa daya saya baru bisa membuka mata jam 5 pagi. Dengan mengumpulkan seluruh tenaga saya beranjak dari kasur untuk cuci muka dan gosok gigi. Sebungkus roti saya kunyah untuk mengisi perut karena saya tipe orang yang harus sarapan sebelum memulai aktifitas. Perjalanan pagi yang dingin membuat badan ini menggigil meskipun duduk di belakang Wi Dek yang membonceng saya dari Jogja menuju Borobudur dan menempuh waktu sekitar 1 jam karena letak Borobudur itu di Magelang, Jawa Tengah. 
Candi Borobudur
Candi Borobudur
Lebih kaget lagi saat tiba di lokasi ternyata disana udah ramai ada rombongan anak-anak sekolah yang saat itu juga sedang liburan padahal itu masih jam 7 pagi lho. Sungguh di luar perkiraan karena saya pikir pagi-pagi itu masih sepi dan bisa lebih enak ngambil foto. 
Candi Borobudur
Candi Borobudur diserbu pengunjung

Setelah membeli tiket masuk sebesar Rp.40.000/orang kami langsung berjalan menuju Candi. Sebaiknya pakailah topi untuk melindungi kepala dan rambut karena udara di Candi cukup panas. Kalau kalian lupa bawa topi ataupun belum punya tongsis, jangan khawatir soalnya disini banyak yang menjualnya. Termasuk power bank pun ada. Tapi kalian harus mengeluarkan jurus tawar menawar yang paling sakti biar dapat harga yang pas haha..
Candi Borobudur


Di area bawah Candi disediakan mini train Bodobudur yaitu semacam kereta yang dapat disewa untuk mengelilingi keindahan Candi dari bawah. Nah kalau saya sih lebih memilih jalan kaki, seperti biasa karena takut mabok kan malu-maluin. Beruntungnya Wi Dek sudah terbiasa dengan alasan saya yang satu ini dan mungkin kadang-kadang juga membuatnya jengkel hehe.
Candi Borobudur

Sejak tercatat sebagai 7 keajaiban dunia, Candi Borobudur memang jadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau sedang berlibur di Jawa Tengah maupun Yogyakarta. Waktu yang cocok untuk berkunjung ke Candi Borobudur adalah saat pagi atau sore hari, supaya tidak terlalu panas. Ada juga yang menawarkan paket untuk menikmati sunrise di Candi Borobudur, namun kalian harus mengeluarkan biaya yang lebih karena tiket masuknya cukup mahal.
Relief Candi Borobudur
Relief Candi Borobudur



Candi Borobudur mengandung cerita tertentu yang dilukiskan melalui relief-reliefnya. Menurut cerita yang saya baca, terdapat ribuan panel relief yang dipakai untuk menceritakan semua ajaran sang Budha Gautama. Wow terdengar menarik untuk ditelusuri lebih dalam tapi saya tidak akan bercerita panjang lebar disini.
Candi Borobudur
Add caption


Candi Borobudur
Bisa main petak umpet juga



Berhubung cuaca mulai panas dan ga terasa udah hampir 2 jam kami keliling di area Candi jadi waktunya untuk turun lagi ke dunia. Loh.. haha. Saking terpesona dengan keindahan Candi ini sampe lupa sama rumah. Tapi masih tetep inget kalau belum makan!

Yuk ikuti terus postingan berikutnya yaa

Follow my blog with Bloglovin

You Might Also Like

0 comments