7 Tips Belanja di Malioboro

Oktober 06, 2017

Malioboro Surganya Belanja
Aneka macam barang dagangan yang dijual di Malioboro
Siapa yang nggak tau Malioboro? Jalan Malioboro yang merupakan pusat keramaian di Yogyakarta itu dikenal dengan sebutan surganya belanja. Berbagai macam barang yang dipajang di sepanjang jalan dijamin bisa bikin kalap mata. Mau cari oleh-oleh? Bisa banget. Atau cuma sekedar cuci mata juga nggak kalah seru kok. Siapa tahu bisa jadi pengalaman yang menarik sekaligus berbeda dalam hal berbelanja. Untuk kali ini Wi Dek tugasnya cuma nemenin saya aja. Dengan sikapnya yang sabar sampai perutnya melebar itu dengan setia menemani saya kesana kemari melihat barang dagangan baik dari toko maupun pasar.
Nah supaya kegiatan belanjamu tetap aman dan nyaman di kantong, yuk simak tipsnya :

1.   Buat daftar belanja
Kamu bisa buat daftar barang apa aja yang mau dibeli tapi cuma bisa ditemui di Jogja *ini dibuat terlebih dahulu* setelah itu baru kamu bisa nulis list oleh-oleh misalnya. Selain itu penting juga untuk buat rincian biaya atau budget untuk belanja. Cara ini ampuh untuk menahan nafsu belanja dan juga bisa belajar untuk lebih cermat dalam mengatur pengeluaran
2.   Siapin uang cash dan uang receh
Meskipun udah disediakan mesin ATM untuk ngambil uang, tapi alangkah baiknya kalau menyiapkan uang tunai untuk melakukan pembayaran. Kan ribet kalau kita udah naksir banget sama satu barang tapi mesti muter-muter dulu nyari ATM buat ngambil uang. Iya kalau barang incaranmu masih ada, tapi kalau udah diambil orang emang rela? Disamping itu nggak semua pedagang menyiapkan pembayaran pake alat gesek
3.   Keluarkan jurus sakti tawar menawar
Yang namanya pasar nggak lepas dari kegiatan tawar menawar. Supaya dapat harga yang cantik, kamu harus berani menawar jauh di bawah harga normal. Kalau pedagangnya nggak mau, tinggal pergi aja dulu. Biasanya kalau udah mengeluarkan jurus ini pedagang akan memanggil kembali untuk membicarakan harga terbaik. Tapi kalau pedagangnya membiarkanmu pergi, jangan kecewa dulu karena masih banyak pedagang lain yang menjual barang yang sama. Nah ini kembali ke diri masing-masing ya kuat apa nggak buat menyusuri dan mencari pedagang lain.
4.   Pilih-pilih dulu baru beli
Malioboro memang menjual macam-macam barang yang dapat menghipnotis mata. Saat menyusuri jalanan Malioboro, lakukanlah pencarian barang kemudian memilih yang cocok untuk dibeli sesuai keinginan. Jangan sampai cuma beli hanya karena "lapar mata" dan menyesal karena ada barang yang lebih cocok dan lebih murah di tempat lain
5.   Dandan yang wajar
Percaya nggak percaya, penampilan juga bisa mempengaruhi harga barang lho. Sebaiknya pakailah pakaian sehari-hari layaknya warga lokal . Selain itu supaya kamu nggak jadi pusat perhatian yang mencolok. Jadi intinya dandan sewajarnya dan sesuai tempat.
6.   Ajak teman untuk menemani belanja
 Teman bisa membantu kita saat memilih barang, apalagi kalau dia sudah sering belanja di Malioboro. Disamping itu kita bisa minta saran dan pendapatnya mengenai barang yang akan kita beli. Nilai plus juga kalau dia bisa bahasa setempat jadi lebih adem tuh urusan nego sama dagangnya. Nah kalau saya sih udah ada Wi Dek yang bisa bantu dengan bahasa dan logat jawanya haha. 
7.   Jaga barang-barang yang kamu bawa
Keasyikan belanja kadang bisa bikin kita terlena dan nggak menjaga dengan baik barang berharga yang kita bawa seperti HP, dompet dll. Asyik belanja boleh-boleh aja asal tetap waspada apalagi di tempat ramai seperti Malioboro. Sebaiknya memposisikan tas di depan tubuh kita supaya lebih mudah mengawasinya.
Malioboro
Suasana Malioboro di siang hari
Sekian dulu tipsnya, semoga bermanfaat yaa 

You Might Also Like

0 comments